HEADLINE

KHASIAT PEGAGAN ATAU JALUKAP




Sekilas tanaman ini hanya seperti rumput biasa yang tumbuh liar di pekarangan rumah, tepi jalan ataupun di pematang sawah sawah, kadang terinjak begitu saja oleh kaki maupun kendaraan yang lewat, mati dan kemudian hidup lagi diantara derasnya hujan dan keringnya musim kemarau.

Tanaman yang berasal dari Asia tropic ini di sebut Pegagan (Cantella asiatica) atau masyarakat juga menyebutnya antanan atau daun tapal kuda, tumbuh tersebar di asia tenggara hingga jepang dan australia,merupakan salah satu jenis herba yang memiliki banyak manfaat tak ternilai dalam dunia pengobatan dan kecantikan.

Sifat farmakologisnya yang manis dan mendinginkan membuat tanaman ini telah lama dikenal dalam dunia pengobatan tradisional sebagai ramuan yang digunakan untuk peluruh air kencing, penurun panas, melancarkan sirkulasi darah, melancarkan produksi ASI hingga anti radang namun tidak hanya sebatas itu kandungan pada tanaman ini memiliki banyak manfaat yang telah diuji secara klinis diantaranya sebagai obat diabetes, asam urat, hipertensi, pengobatan kanker, meningkatkan  memori otak hingga untuk mengurangi timbulnya keloid pada jaringan bekas luka.

Pegagan memiliki kandungan diantaranya adalah asiaticoside, thankuniside, isothankunisid,madecassoside,brahmoside,brahmicacid,brahminoside,madasiatic acid dll serta garam mineral seperti kalsium, natrium, magnesium, kalsium dan zat besi.

Untuk memudahkan dikonsumsi pemanpaatan pegagan bisa dalam bentuk rebusan atapun ekstrak daun kering yang kemudian dikemas ke dalam kapsul atau di masyarakat Jawa Barat biasa dijadikan lalapan.



Tentunya dosis yang tepat dan tidak berlebihan adalah cara yang terbaik dan bijaksana untuk mengkonsumsi tanaman yang satu ini secara aman agar terhindar dari timbulnya efek negative yang tentunya tidak diinginkan.



Nah, ternyata tanaman ini banyak sekali manfaatnya kan, mulai sekarang jangan anggap remeh ya tanaman tanaman herba yang tumbuh di sekitar lingkungan kita (R.Tia dari berbagai sumber)

No comments