HEADLINE

KEBIASAN INI MEMBUAT ANDA TUA SEBELUM WAKTUNYA




Anda mempunyai kebiasaan begadang? Bangun dengan kantung mata yang menghitam, emosi yang tidak stabil hingga sering sakit sakitan? Mulai saat ini kurangi kebiasaan itu jika anda tidak ingin mengalami gangguan kesehatan jangka panjang yang serius seperti, jantung, gangguan mood, penurunan daya tahan tubuh hingga menua sebelum waktunya.

Sepintas tidak ada hal yang terlalu serius dengan aktivitas begadang, setiap orang pasti pernah melakukan hal tersebut entah karena mesti mengerjakan sesuatu atau aktivitas aktivitas tertentu yang menyebabkan kita mesti mengurangi jam tidur kita. 

Tapi tahukah anda? orang dewasa memerlukan istirahat  setidaknya 7 sampai 8 jam sehari untuk menjaga siklus tubuh agar tetap segar dan fit. Kenapa jadi harus tidur? Sebab horm0ne pertumbuhan yang diproduksi di otak disebut juga HGH ( Human Growth Hormone) berfungsi untuk memelihara jaringan dan seluruh organ vital di dalam tubuh manusia, bekerja dengan optimal saat kita tertidur.

Dengan kadar growth hormone yang cukup tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki system metabolisme, pembuangan zat yang mengendap serta mengganti sel sel yang rusak sehingga tubuh memiliki kemampuan daya tahan yang baik agar tidak gampang sakit.  




Jadi kesimpulannya jam tidur yang kurang menyebabkan kerja horm0n tersebut juga jadi terhambat dan tidak optimal. Itulah sebabnya kenapa orang yang suka begadang sering terbangun keesokannya dengan badan yang lesu dengan wajah yang tidak fresh. So begadang jika ada perlunya saja ( R.Tia )

No comments